MALINAU — Untuk memberikan bantuan hukum kepada masyarakat tidak mampu, Pemerintah Kabupaten Malinau mengajukan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang bantuan hukum untuk masyarakat tidak mampu. Ranperda ini diajukan bersamaan dengan sebelas Ranperda yang diajukan oleh Pemkab Malinau dalam rapat paripurna di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Malinau.

“Setiap warga negara tanpa terkecuali, tanpa memandang suku, warna kulit, status sosial, kepercayaan dan pandangan politik, berhak mendapatkan akses terhadap keadilan. Negara menjamin kesetaraan di hadapan hukum dalam dasar negara dan konstitusinya,” ujar Wakil Bupati Malinau Topan Amrullah, S.Pd, M.Si saat mewakili Bupati Malinau Dr. Yansen TP, M.Si menyampaikan nota penjelasan Ranperda dari Pemkab Malinau, Kamis (29/3) lalu di ruang rapat DPRD Malinau.

Disebutkan Wakil Bupati, hal tersebut sesuai dengan sila kedua Pancasila, yaitu kemanusiaan yang adil dan beradab dan sila kelima Pancasila, yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Yang mengaku dan menghormati hak warga negara untuk keadilan ini. Dalam Undang-Undang Dasar (UUD) tahun 1945 juga menegaskan bahwa, setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan perlindungan dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama di depan hukum.

Kedudukan yang lemah dan ketidakmampuan seseorang, tegasnya tidak boleh menghalangi orang tersebut mendapatkan keadilan pendampingan hukum atau legal representation pada setiap orang tanpa diskriminasi merupakan perwujudan dari perlindungan dan perlakuan yang sama di hadapan hukum. “Tanpa adanya pendampingan hukum, maka kesetaraan di hadapan hukum sebagaimana diamanatkan konstitusi dan nilai-nilai universal hak asasi manusia (HAM) tidak akan pernah terpenuhi,” katanya.

Dalam ketentuan pasal 19 UU nomor 16 tahun 2011 tentang bantuan hukum dinyatakan bahwa daerah dapat mengalokasikan anggaran penyelenggaraan bantuan hukum dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). “Adapun penyelenggaraan bantuan hukum di daerah diatur lebih lanjut dalam Perda,” ungkapnya.